WAJIB ANDA BACA ......6 Poin Penting Dalam Social Media Marketing, Mudah Tapi Tak Semua Bisa
Tuesday, May 16, 2017
Edit

Image dari Bluefountainmedia.com
Menjalankan upaya marketing melalui
media sosial adalah langkah yang dinilai paling efektif bagi para
pemilik bisnis saat ini. Bagaimana tidak, media sosial yang menawarkan
jangkauan pasar luas serta adanya bantuan fasilitas canggih untuk
menganalisis pasar, memberi banyak keuntungan dibanding harus memasarkan
cara offline.
Namun terkadang, tidak sedikit pula
pemilik bisnis yang merasa frustasi karena justru mengalami kegagalan
dalam memasarkan bisnis via #media sosial. Untuk itulah kita perlu memahami adanya beberapa poin penting dalam menjalankan social media marketing.
1. Mendengarkan Konsumen
Menjalankan usaha menggunakan media
sosial ataupun konten marketing sebenarnya lebih membutuhkan kemampuan
mendengarkan yang baik daripada menyampaikan. Ini juga bisa dijadikan
sebagai panduan dalam memulai upaya marketing online.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah
membaca komentar ataupun konten dalam bentuk apapun yang dibagikan oleh
konsumen di media sosial. Dari situ, kita bisa mulai melihat apakah yang
sebenarnya dibutuhkan serta dianggap penting oleh konsumen. Langkah
berikutnya baru kemampuan untuk menyampaikan konten yang dianggap
sesuai.
2. Fokus Pada Target Market
Ketimbang berupaya untuk menguasai
target pasar yang luas atau mempunyai banyak akun media sosial dalam
satu waktu, akan lebih baik jika kita fokus mengejar target market
tertentu. Mempunyai berapa akun media sosial memang sama sekali tidak
ada salahnya. Namun optimasi yang dilakukan tetap terarah serta
mengutamakan fokus.
Strategi social media marketing akan
lebih efektif jika dibarengi dengan tujuan yang sudah ditetapkan
sebelumnya. Dengan kombinasi target market peserta tujuan yang fokus,
maka upaya social media marketing bisa dijalankan lebih baik3. Menawarkan Kualitas
Sama seperti point sebelumnya, kualitas
lebih dibutuhkan ketimbang kuantitas ketika berbicara tentang marketing
via media sosial. Akan lebih baik jika kita mempunyai 1000 followers
yang benar-benar mau membaca, membalas serta berkomunikasi secara aktif
melalui media sosial, ketimbang mempunyai 100ribu follower namun hilang
begitu saja setelah pertama kali terkoneksi dengan akun kita.
Contoh yang paling umum ditemui adalah,
banyak pemilik bisnis yang lebih terfokus pada bagaimana memperbanyak
jumlah follower ketimbang meningkatkan kualitas akun media sosial.
Buntut panjang dari upaya keliru tersebut adalah, dengan cara membeli
follower yang justru akan menenggelamkan bisnis kita secara perlahan.
4. Kesabaran
Poin berikutnya tentu sudah sangat
dipahami oleh para entrepreneur, bahwa menjalankan upaya bisnis melalui
kanal apa saja tentu membutuhkan proses. Demikian juga dengan marketing
media sosial, tidak bisa dijalankan hanya dalam waktu singkat.
Perlu proses yang terkadang cukup lama
hingga akhirnya bisa membangun komunitas konsumen yang solid lewat media
sosial. Namun ketika komunitas tersebut sudah terbentuk, maka
keberlangsungan lini bisnis online kita bisa lebih terjamin dalam
tahun-tahun mendatang.
5. Berproses
Masih berhubungan dengan poin nomor 3,
ketika kita berhasil memberikan konten yang berkualitas serta
benar-benar bermanfaat bagi konsumen online, maka secara perlahan kita
bisa menimbulkan loyalitas dimana konsumen tersebut tidak keberatan
untuk membagikan konten yang kita miliki.
Kekuatan saling membagikan serta diskusi
terbuka juga merupakan salah satu kelebihan dari media sosial, untuk
membangun jaringan yang lebih luas. Jika kita juga bergerak melalui
upaya content marketing, maka ketika kenten kita dengan mudah dibagikan
oleh konsumen, kita bisa mendapat keuntungan terutama yang berhubungan
dengan hasil mesin pencari atau SEO
6. Saling Mempengaruhi
Dalam upaya social media marketing, kita
mengenal adanya influencer. Influencer merupakan para pemilik akun
media sosial yang mempunyai pengaruh besar terhadap banyak followernya.
Influencer bisa berada dalam berbagai bidang atau lebih fokus pada
bidang tertentu.
Menjalankan upaya marketing media
sosial, akan lebih maksimal jika kita gabungkan dengan kerjasama
influencer. Carilah tenaga influencer yang tepat serta benar-benar tetap
dengan bisnis, produk ataupun layanan kita.
Dengan menjalin hubungan yang baik, maka
kita bisa lebih cepat dikenal oleh target market yang sesuai dengan
sasaran bisnis kita. Kelebihan lain dari menjalin kerjasama dengan
influencer adalah kita tidak harus menghabiskan resource yang terlalu
besar untuk mendapat data akurat terkait target market.
BAGIKAN JIKA KAMU MERSA BERMANFAAT....